Cari sesuatu di sini

Senin, 07 Maret 2011

penginspiRasi saya (hayao miyazaki)

Biografi

Saat masih kecil, Miyazaki sering menggambar pesawat terbang karena ayahnya merupakan direktur di sebuah perusahaan pembuat pesawat terbang. Ibunya yang gemar membaca dan mempunyai rasa keingin tahuan yang besar kelak turut mempengaruhi sifat Miyazaki pula. Pada tahun ketiga di sekolah menengah, Miyazaki menonton Hakujaden, yang disebut sebagai "film anime layar lebar berwarna pertama Jepang"[1] dan mulai tertarik kepada dunia animasi.
Tahun 1963 ia lulus dari Universitas Gakushuin dengan gelar dalam bidang ilmu politik dan ekonomi. Pada April 1963, ia menjadi seniman antara (in-between; menggambar adegan-adegan antara dua adegan penting atau keyframe) bagi anime Wanwan Chushingura di Toei. Tahun 1965 ia menikahi Akemi Ota, yang juga seorang animator, dan kelak memperoleh dua anak, Goro (juga kemudian menjadi animator di Ghibli) dan Keisuke.
Miyazaki diangkat menjadi animator kepala, seniman konsep, dan perancang adegan bagi film Hols: Prince of the Sun (1968), salah satu karya penting Isao Takahata, yang terus menjadi kolaborator Miyazaki sepanjang tiga dekade selanjutnya. Setelah berperan penting dalam beberapa film animasi Toei berikutnya, pada tahun 1971 ia bergabung dengan A Pro, di mana ia menjadi salah seorang sutradara enam episode pertama seri Lupin III dengan Takahata. Film pertama Miyazaki sebagai sutradara adalah The Castle of Cagliostro (1979), sebuah film petualangan Lupin III.
Film Miyazaki selanjutnya, Nausicaä of the Valley of the Wind (Kaze no Tani no Naushika, 1984), adalah sebuah film petualangan yang memperkenalkan berbagai tema yang akan hadir kembali pada film-filmnya yang berikutnya: kekhawatiran terhadap ekologi, ketertarikan kepada pesawat terbang, dan penokohan-penokohan yang bermoral ambigu, khususnya di antara tokoh-tokoh musuh. Ini adalah film pertama yang ditulis dan disutradarai Miyazaki, hasil adaptasi dari manga yang juga ia karang.
Setelah kesuksesan Nausicaä of the Valley of the Wind, Miyazaki mendirikan Studio Ghibli dengan Takahata, dan memproduksi hampir seluruh karyanya setelah itu melalui Ghibli. Reputasinya terus berkembang seiring dengan film-film barunya, antara lain Laputa: Castle in the Sky (1986), My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro, 1988), Kiki's Delivery Service (1989) dan Porco Rosso (1992).
Film berikutnya, Princess Mononoke (Mononoke Hime, 1997) menjadi film tesukses Jepang sebelum rekor ini diungguli Titanic kemudian. Mononoke juga dianugeri gelar Film Terbaik pada Penghargaan Film Jepang. Miyazaki memutuskan untuk pensiun setelah itu; namun kala berlibur ia bertemu dengan putri seorang temannya, yang menjadi inspirasi Miyazaki bagi Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi, 2001). Film ini sukses besar di Jepang dan mendaptkan gelar Film Terbaik di Penghargaan Film Jepang, Penghargaan Beruang Emas di Festival Film Berlin (2002), serta Film Animasi Terbaik Academy Awards (2002). Miyazaki kembali keluar dari masa pensiun pada film Howl's Moving Castle setelah sutradaranya, Mamoru Hosoda, menarik diri dari film tersebut.
Pada tahun 2005, Miyazaki dianguerahi gelar Penghargaan Kehormatan Seumur Hidup pada Festival Film Venesia.



Filmografi

 Sutradara, skenario, dan storyboard



Referensi

  1. ^ Feldman, Steven (1994-06-24). "Hayao Miyazaki Biography, Revision 2". Nausicaa.net. Diakses pada Kesalahan: waktu tidak valid.

Bacaan lanjutan

  • Cavallaro, Dani (2006), The Anime Art of Hayao Miyazaki, Mcfarland. (ISBN 0-7864-2369-2)
  • McCarthy, Helen (1999), Hayao Miyazaki: Master of Japanese Animation: Films, Themes, Artistry, Stone Bridge. (ISBN 1-880656-41-8)

Pranala luar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar